Home » » ENERGI ADALAH

ENERGI ADALAH

Written By Unknown on Rabu, 04 Desember 2013 | 23.52

Pengertian dan Definisi Energi. Energi adalah kemampuan melakukan kerja. Disebut demikian karena setiap kerja yang dilakukan sekecil apapun dan seringan apapun tetap membutuhkan energi. Menurut KBBI energi didefiniskan sebagai daya atau kekuatan yang diperlukan untuk melakukan berbagai proses kegiatan. Energi merupakan bagian dari suatu benda tetapi tidak terikat pada benda tersebut. Energi bersifat fleksible artinya dapat berpindah dan berubah. 

Pengertian dan definisi energi ada banyak sekali diantaranya adalah

1. Energi adalah kemampuan membuat sesuatu terjadi (Robert L. Wolke)
2. Energi adalah  kemampuan benda untuk melakukan usaha (Mikrajuddin)
3. Energi adalah suatu bentuk kekuatan yang dihasilkan atau dimiliki oleh suatu benda (Pardiyono)
4. Energi adalah sebuah konsep dasar termodinamika dan merupakan salah satu aspek penting dalam analisis teknik (Michael J. Moran), dan masih banyak lagi.
Dari berbagai pengertian dan definisi energi diatas dapat disimpulkan bahwa secara umum energi dapat didefinisikan sebagai kekuatan yang dimilki oleh suatu benda sehingga mampu untuk melakukan kerja. Energi banyak sekali bentuknya, berikut ini adalah beberapa jenis energi yang dapat kita temui sehari-hari.


Macam-macam energi

Bentuk energi bermacam-macam, antara lain:
a.    Energi gerak (kinetik)
Benda-benda yang bergerak memiliki energi. Energi yang dimiliki oleh benda yang bergerak disebut energi gerak. Misalnya, angin yang berhembus dan air yang mengalir memiliki energi gerak (kinetik).

b.    Energi panas
Benda yang terbakar menimbulkan panas. Panas disebut juga kalor. Panas merupakan bentuk energi. Lilin yang menyala dapat memutar kertas spiral yang bergantung di atasnya. Lilin yang menyala memiliki energi panas.

c.    Energi cahaya
Kapas yang diletakkan di bawah lensa cembung yang terkena sinar matahari dapat terbakar karena cahaya matahari yang dikumpulkan oleh lensa cembung dapat memanaskan kapas sampai terbakar.

d.    Energi listrik
Energi yang dihasilkan arus listrik mampu menjalankan motor listrik. Misalnya: lampu listrik, kipas angin, setrika listrik, dan pompa air listrik.

e.    Energi bunyi
Bunyi dihasilkan dari getaran. Bunyi kuat dihasilkan dari getaran yang kuat. Bunyi halilintar, mercon, dan bom adalah bunyi yang kuat. Bunyi yang kuat menghasilkan energi yang besar. Bunyi kuat dapat memekakkan telinga, menggetarkan dan bahkan memecahkan kaca jendela. Energi yang ditimbulkan oleh bunyi disebut energi bunyi.

f.    Energi potensial
Energi yang tersimpan dalam suatu benda disebut energi potensial. Ketapel yang terenggang mempunyai energi yang tersimpan. Energi ini sewaktu-waktu dapat dilepaskan. Per yang terenggang mempunyai energi. Busur anak panah yang terenggang memiliki energi. Energi ini disebut energi potensial pegas.

g.    Energi kimia
Tenaga yang tersimpan dalam bahan kimia disebut energi kimia. Energi kimia terdapat dalam berbagai bahan kimia, seperti aki, baterai, bahan bakar, dan makanan.
Share this article :

0 komentar:

Posting Komentar

Labels

lintang. Diberdayakan oleh Blogger.
 
Support : Your Link | Your Link | Your Link
Copyright © 2013. SEHARUSNYA KAMU TAHU - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger